Hal Yang Perlu Dihindari Saat Diare


Diare tentu sangat mengganggu segala aktifitas kita. Selain itu, diare yang parah tanpa penanganan bisa membahayakan kesehatan, karena tubuh bisa kritis cairan. Ada banyak cara pengobatan diare, namun pengobatan yang baik bukanlah pengobatan yang cepat. Menggunakan antibiotik bukan solusi cepat yang terbaik, karena cara itu bisa sekaligus membasmi seluruh bakteri baik dalam usus dan menghambat pergerakan alami usus. Nah dengan demikian, ada baiknya untuk mencoba beberapa cara dan tips alami untuk menyembuhkan diare, karena cara ini adalah cara yang sehat serta tetap mempertahankan jumlah tepat bakteri sehat yang mengarah ke pergerakan usus yang lebih baik.

Hal yang harus dihindari agar diare tidak semakin parah

  • Hindari makan buah-buahan dan produk makanan yang mengandung serat. Buah seperti apel, plum, atau mangga harus dihindari karena memiliki sifat pencahar yang bisa memperburuk kondisi diare Anda. 
  • Hindari yogurt yang tinggi gula, karena sukrosa berlebih juga bisa memperburuk diare. Carilah yogurt dengan kultur bakteri baik, karena dapat membantu menghasilkan asam laktat dalam usus, yang bersifat mematikan bakteri buruk dan membuat diare sembuh lebih cepat.
  • Hindari susu dan produk susu termasuk keju, terutama harus bagi yang sedikit intoleran/alergi laktosa. Laktosa akan melewati sistem pencernaan usus dengan sangat cepat, sehingga hampir tidak banyak waktu untuk bisa diserap. Laktosa (dari susu) bisa meningkatkan masalah diare, seperti dalam bentuk perut sakit, perut kembung, dan distensi perut. Namun Yogurt adalah pengecualian, kecuali jika tubuh Anda biasanya tidak bisa mentolerir yoghurt dengan baik .
  • Hindari semua minuman yang dingin. Air hangat akan lebih baik bagi perut Anda .
  • Minuman bersoda mungkin bisa melukai perut Anda, jadi sebaiknya menghindari jenis minuman ini.
  • Hindari makan-makanan yang terlalu pedas atau panas, karena bisa memperburuk diare.

Cara pengobatan diare alami :


  • Makanlah sedikit makanan untuk memudahkan pencernaan perut Anda. 
  • Cobalah makan sesuatu yang ringan, lembut, dan mudah dicerna; karena itu akan membantu perut Anda dan membuat Anda merasa lebih baik. 
  • Anda bisa makan beberapa biskuit atau kue asin untuk meringankan rasa sakit. Kue yang tidak terlalu memiliki rasa yang kuat (tawar) bisa membuat perut Anda merasa lebih baik.
  •  Jika Anda tidak suka makanan tersebut, Anda bisa mencoba untuk makan nasi saja.

Seperti yang telah dikatakan diatas, yoghurt mengandung bakteri menguntungkan. Hal ini akan membantu mematikan bakteri jahat penyebab penyakit termasuk diare. Perkecualian jika Anda sebelumnya alergi dengan yoghurt. Kopi murni bisa banyak membantu meredakan diare. Minum teh tawar atau kaldu bisa membantu meringankan sakit perut. Melakukan ini secara terus-menerus juga akan mencegah tubuh kehilangan cairan. Minum jahe untuk mengurangi gas/kembung dan kejang yang biasanya menyertai diare. Anda bisa mencobalah teh jahe tanpa atau hanya sedikit gula. Namun jahe bisa mengganggu efektifitas obat untuk pengencer darah seperti aspirin atau warfarin. Jadi hindari jahe jika Anda sedang menggunakan obat pengencer darah.

Diare bisa menyebabkan dehidrasi parah, jadi usahakan banyak-banyak minum cairan. Konsumsilah cairan setidaknya dua liter (8 gelas) setiap hari; jika disertai demam bisa sampai 3 liter (12 gelas). Meskipun air tidak mengandung elektrolit, namun tetap baik bagi perut Anda dan merupakan satu-satunya cara untuk tetap terhidrasi. Jika minum air putih biasa membuat Anda bosan, cobalah menggantinya dengan minum teh tawar (hanya sedikit gula), minuman oleha raga mengandung elektrolit, air kelapa muda, oralit. Jus buah jeruk mungkin bisa menjadim pilihan, asal bukan jus apel atau jus buah plum prune, karena sifatnya seperti obat pencahar. Banyaklah berdiam diri atau beristirahat, karena bergerak hanya akan menyebabkan rasa mual. Berbaring atau tidur bahkan bisa lebih baik, karena makanan akan bergerak lebih lambat melalui sistem pencernaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *